Perbedaan Seni Grafis dengan Desain Grafis

Seni rupa murni adalah karya rupa yang berkepentingan dan bertujuan untuk estetik dan unik semata, sedangkan seni rupa tetapan adalah mengutamakan desain dan rancangan untuk kebutuhan tertentu, sehingga selalu mengutamakan fungsi, sedangkan fungsi adalah yang utama, namun seorang perajin tidak lupa memberikan sedikit sentuhan estetis.

Seni grafis dan desain grafis memang sepertinya adalah hal yang berbeda, tapi hal tersebut adalah sama, persamaannya adalah sama-sama menghasilkan karya, seberapa besar manfaat dan tujuannya tergantung memposisikan karya tetsebut untuk siapa?

Seni grafis selalu menitik beratkan pada kegiatan yang bersifat individu, sebagai penyampai ide dan gagasan, alat komunikasi antara pemilik ide/seniman dengan penikmat karya. Menurut saya sama halnya dengan seni lukis, tapi hal ini menggunakan media, bahan, dan teknik yang berbeda. Dengan kata lain seni grafis adalah alat pemuas batin saja.

Sedangkan desain grafis merupakan sarana komunikasi berupa ukuran dua dimensi yang bisa dibuat menggunakan teknik manual, teknik digital, dan teknik gabungan antara manual dengan digital untuk memenuhi sarana komunikasi berupa karya dua dimensi, dengan tujuan untuk memenuhi tuntutan pemilik ide dan gagasan, dengan kata lain

Desain Grafis adalah kegiatan meramu ide dan mewujudkan karya dua dimensi, sehingga pemilik ide merasa puas, dan pasar bisa dijangkau dengan karya yang sudah diwujudkan tadi. Adapun karya ini seperti cover buku, poster pengumuman, poster layanan, desain kemasan dan karya yang serupa, sehingga pesan dan ide dapat terwujud dan tersampaikan lewat karya desain grafis ini.

Source